29.2 C
Bandar Lampung
25 September, 2021
Pertanian

Tanah di Lampung Timur Sangat Ideal untuk Peningkatan Produksi Jagung

Wilayang Lampung Timur sangat ideal untuk area peningkatan luas tanam dan produksi jagung dengan teknologi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Teknologi itu berupa pola tanam zigzag dan pupuk fosfat alam.

“Tanah di Lampung Timur cenderung masam sehingga fosfat alam lebih cocok digunakan petani,” kata kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Dr. Husnain pada Temu Teknis dan Bimtek Aplikasi Fosfat Alam pada Jagung dan Kelapa Sawit di Lampung pada Rabu (25/9/2019).

Kementan melatih 150 petani asal dari Kec. Metro Kibang, Wai Jepara dan Probolinggo, Kab. Lampung Timur dengan materi berupa pengelolaan dan pemupukan jagung serta praktek tanam jagung zigzag.

Kementan juga mengundang petani jagung sukses yang dikenal raja jagung Kalimantan Selatan, Budiono, sebagai pembicara inti.

Kegiatan itu dihadiri Direktur OCP.S.A Abderahim Nasser, Mr Hicham Djafar, Director of Sales South, South east Asia of OCP, Kepala Balittanah, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Kepala Camat, Kapolsek, Danramil Probolinggo, para peneliti lingkup BBSDLP, para koordinator penyuluh dan penyuluh Kab. Lampung Timur.

Menurut Budiono, Indonesia membutuhkan petani pengusaha yang berani mengambil resiko. “Petani juga seperti pengusaha yang penghasilannya tidak terbatas. Kuncinya serius dan kerja keras,” kata Budiono yang memulai menjadi petani dari nol.

Kegiatan ini merupakan bagian kerjasama Balitbangtan dengan OCP.S.A BUMN Pukuk Berbasis di Maroko.

Sumber: TechnologyIndonesia.com

Berita Terkait

The 5 Best Curling Irons For Beginners, According To A Stylist

AspirasiLampung

Fathul Muin: Urgensi Mengembalikan Lampung sebagai Tanah Lada

AspirasiLampung

7 Easy Hairstyles to Complete Your Fall Outfits

AspirasiLampung