30.2 C
Bandar Lampung
4 August, 2021
Pendidikan

LTMPT Resmi Luncurkan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021, Simak Jadwalnya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT) secara resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SNMPTN) 2021 melalui aplikasi zoom yang digelar Senin (4/1).

Kegiatan ini dibuka langsung Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Menurutnya, gelaran penerimaan mahasiswa baru pada 2020 lalu telah dilakukan dengan sangat baik. Maka dalam Persiapan Penerimaan mahasiswa baru 2021 ini, tentu harus tingkatkan.

“Untuk itu, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim seleksi nasional SNMPTN dan SBMPTN dinyatakan dimulai. Mudah-mudahan kita semua di mudahkan menyelenggarakan seleksi masuk PTN ini. seluruh siswa bisa terlayani dengan baik dan dapat program studi sesuai potensi kemampuan mereka. Selamat bekerja, selamat beribadah dalam mengerjakan tugas dan amanah kita,” jelas Nizam.

Ditambahkan Prof Moh. Nasih, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), menjelaskan terkait telah resmi dibukanya SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021. Menurut Nasih, ada penyempurnaan yang penting dalam pelaksanaan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 khususnya Terkait integrasi,

“Alhamdulillah kemauan kita sudah ada beberapa integrasi yang dilakukan vertikal dan horizontal. Integrasi keikut sertaan di Dirjen vokasi yang sekaligus semua program D-IV ikut dalam proses ini. Ini sebagai integrasi horizontal. Kedua integrasi vertikal, ada beberapa proses yang sepenuhnya menggunakan data Dapodik, Pusdatin dan kementerian agama. Sehingga kita tidak perlu satu persatu masukan, cukup menarik data Pusdatin. Maka integrasi berharap akan mengikuti kebijakan kementerian, di mana kementerian juga sudah terintegrasi dikti dan menengah. Dengan proses itu SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 akan bisa digelar sebaik-baiknya,” jelasnya.

Dalam penerimaan mahasiswa baru, untuk kuota sendiri masih sama jalur SNMPTN minimum 20%, SBMPTN minimum 40%, seleksi mandiri maksimum 20%. Kecuali untuk PTN badan hukum harus mengikuti peraturan mendikbud di mana ada kelonggaran yang diberikan kedalamnya, SBMPTN minimum 30%, seleksi mandiri maksimum 50%.

SNMPTN ada beberapa hal yangs sudah dilakukan bersama pak sekjen da dirjen, pengumuman kouta dari datanya dari Pusdatin pada 23/12. Artinya nnti di belakang kami berikan kalau ada data yang berbeda. Apabila ada Sanggah, bisa diperbaiki, jadi tidak di LTMPT tapi dilakukan di sisi lain di data Kemendikbud.

“Dari sisi ini kami berharap data kementerian yang berkaitan dengan sekolah menengah ada perbaikan yang lebih terintegrasi lagi dan kawan-kawan sekolah juga tidak lengah dalam melakukan perbaikan update data sehingga kuota bisa lebih tinggi lagi. Bila data sudah benar, login laman portal ltmpt.co.id menggunakan akun sekolah mulai 4 januari 2021. Karena waktu sangat lama, kawan-kawan sekolah tidak perlu tergesa-gesa,” lanjutnya.

Untuk masa sanggah, Nasih meminta sekolah memanfaatkan betul untuk digunakan. Jangan sampai, saat proses berjalan kedepan ternyata ada kendala tertentu kemudian baru komplain.

“Kita pastikan komplain seperti itu akan sangat sulit kami penuhi karena harus merubah banyak hal. Maka kami berhara perbaikan data awal dilakukan dengan memanfaatkan waktu maksimal,” tambahnya.

Sementara untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN, Nasih mengatakan bakal digelar dua gelombang, dengan satu gelombangnya masing-masing 7 hari. Untuk g2elombang pertama 12 sampai 18 April 2021. sementara gelombang ke dua 26 April- 2 Mei 2021.

“UTBK dilakukan pada bulan puasa, sehingga didalam ruangan tidak ada yang makan sekaligus penerapan Prokes. Materi UTBK sama dengan sebelumnya, namun ada gambaran situasi yang hadapi, maka tes dikembalikan tes sebelumnya yaitu tes potensi skolastik (TPS) Dan tes kompetensi akademik (TPA),” jelasnya.

Jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN

1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
2. Pendaftaran UTBK SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021
3. pelaksanaan UTBK
4. Gelombang I: 12-18 April 2021; Gelombang II: 26 April – 2 Mei 2021.
6. Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN: 14 Juni 2021

Jadwal tahapan SNMPTN 2021

1. Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021: 4 Januari 2021
2. Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari – 1 Februari 2021
3. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari – 8 Februari 2021
4. Pengisian PDSS: 11 Januari – 8 Februari 2021
5. Pendaftaran SNMPTN: 15 – 24 Februari 2021
6. Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021

(AL/RL)

Berita Terkait

Kursus TOEFL, IELTS, Speaking di Kampung Inggris, Punggur Lampung Tengah

AspirasiLampung

Drs. Wanawir, Rektor UMPRI: Muhammadiyah Siap Membangun Lampung

AspirasiLampung

This Autumn Juice Will Make You Feel Better

AspirasiLampung