Aspirasi NU Ormas Pertanian

Replanting Sawit Isi Rangkaian Harlah ke 99 NU di Sumsel

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar kegiatan penanaman kembali peremajaan sawit rakyat (PSR) di Desa Kencana Mulia, Kecamatan Rembang, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Replanting ini menjadi percontohan yang akan diterapkan di sejumlah daerah untuk pengembangan ekosistem perkebunan sawit berkelanjutan.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, kegiatan itu bagian dari rangkaian acara hari lahir ke 99 NU ke-99 (kalender Hijriyah) di lahan seluas 317 hektare. Menurutnya, program pendampingan dan kerja konkret bersama rakyat adalah salah satu rangkaian kerja sama NU dengan pemerintah melalui beberapa kementerian.

“Ini terus kami kembangkan, sepeti kami sampaikan kepada Bapak Presiden (Joko Widodo) bahwa kami ingin NU ini bisa diperankan sebagai penyangga dari berbagai agenda-agenda Negara. Tentu untuk kemaslahatan rakyat banyak,” kata KH Yahya Cholil Staquf yang akrab disapa Gus Yahya di Muara Enim, Sumatra Selatan, Jumat, 4 Maret 2022.

Dia berharap tata kelola perkebunan sawit rakyat dapat lebih menyentuh kearifan lokal dan berkelanjutan. Sehingga praktik pendampingan di lapangan lebih efektif, optimal, dan benar-benar meningkatkan kesejahteraan petani sawit.

Acara itu juga dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganundito.

Selain itu ada Wakil ketua Umum PBNU Nusron Wahid, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar, Ketua DPRD Sumatera Selatan R.A Anita Noeeringhati, Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkembuann Kelapa Sawit (BPDP-PKS) Eddy Abdurrachman dan Ketua PWNU Sumatera Selatan KH Amirullah Nahrawi serta tokoh masyarakat.

Seperti diketahui, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar rangkaian hari lahir NU ke-99 (kalender Hijriah) untuk wilayah Indonesia Barat yang difokuskan di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) 3-5 Maret 2022.

Agenda yang digelar dalam rangka menyongsong satu abad NU ini mengambil tema besar ‘Merawat Jagad, Membangun Peradaban’ dengan subtema ‘Lestari Alamnya Sejahtera Petaninya’. (al/rm)

Berita Terkait

12 Holistic Nutrition Tips to Get Beautiful Skin This Season

Aspirasi Lampung

How To Make Perfect Salad That Good For Your Skin

Aspirasi Lampung

The Secrets of Beauty In Eating A Balanced Diet

Aspirasi Lampung