24.1 C
Bandar Lampung
28 September, 2021
Politik

Profil 12 Wakil Menteri di Kabinet Jokowi Jilid II, Ada Anak Harry Tanoe

Setelah memanggil figur-figur yang akan diangkat sebagai Wamen, Presiden Joko Widodo akhirnya melantik 12 orang sebagai wakil menteri hari ini, Jumat (25/10/2019).

Mereka sebelumnya telah datang ke Istana Kepresidenan untuk memenuhi panggilan Jokowi. Dengan mengenakan kemeja putih satu per satu hadir di istana negara.

Siapa saja mereka? Berikut profilnya:

1. Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu merupakan Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin saat Pilpres 2019. Kepada wartawan, Wahyu diminta menjadi Wamen Pertahanan.

Dia diminta membantu Prabowo dalam mengembangkan industri pertahanan di Tanah Air.

2. Angela Tanoesoedibjo

Angela merupakan politisi yang juga anak dari pengusaha sekaligus Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Dia dipercaya membantu Wishnutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

3. Budi Arie Setiadi

Budi merupakan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi atau Projo. Meski sudah mengaku kecewa karena Jokowi menunjuk Prabowo sebagai menhan, Budi tetap datang ke Istana.

Budi mengaku diangkat menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

4. Zainut Tauhid

Zainut merupakan politisi PPP yang juga menjadi Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia. Dia diberi tugas di pos kementerian Agama.

Kepada wartawan, Zainut mengatakan siap meningkatkan pendidikan keagamaan, seperti madrasah dan pesantren.

5. John Wempi Wetipo

Wempi merupakan mantan Bupati Jayawijaya yang juga politisi PDI-P. Putra asli Papua ini diminta jadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dia secara khusus ditugasi mempercepat pembangunan kawasan timur Indonesia.

6. Surya Tjandra

Politisi PSI ini diminta menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Secara khusus, Surya diminta menangani konflik agraria dan regulasi yang tumpang tindih.

7. Jerry Sambuaga

Politisi Partai Golkar ini diminta menjadi wakil menteri di bidang perdagangan. Ia telah berdiskusi dengan Presiden Jokowi tentang isu-isu perjanjian internasional dan perdagangan internasional.

8. Mahendra Siregar

Mahendra yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat diangkat Jokowi sebagai Wamenlu. Jokowi memberi Mahendra tugas khusus yang harus dituntaskan dalam waktu setahun.

Tugas itu adalah meningkatkan kualitas promosi, investasi, perdagangan. Presiden juga meminta Mahendra untuk menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia.

9. Alue Dohong

Alue merupakan Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut. Dia diminta menjadi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dia juga berdiskusi dengan Jokowi tentang rencana ibu kota negara baru di Kalimantan Timur yang berkonsep smart, beautiful, dan sustainable city.

10. Suahasil Nazara

Suahasil merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Dia diminta membantu Sri Mulyani dengan menjadi Wakil Menteri Keuangan.

11. Budi Gunadi Sadikin

Budi merupakan Direktur Utama PT Inalum. Dia diminta Presiden Jokowi membantu Erick Thohir dengan menjadi Wakil Menteri BUMN.

12. Kartika Wiryoatmojo

Kartika saat ini tercatat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Seperti Budi Gunadi, Presiden Jokowi memintanya untuk menjadi Wakil Menteri BUMN.

Sumber: Kompas.com

Berita Terkait

Partai Gelora, Partai Besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah, Siap Deklarasi di Lamtim

AspirasiLampung

Hak Pilih Penyandang Disabilitas Pada Pemilu 2019

AspirasiLampung

Jebolan PAN, Faldo Maldini Gabung PSI Sumbar Langsung Jadi Ketua DPW

AspirasiLampung