Agama Pendidikan

Muhammadiyah Lampung Timur Giatkan Pengkaderan

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Timur melalui Majelis Pendidikan Kader menyelenggarakan Baitul Arqom Amal Usaha Muhammadiyah di Bidang Pendidikan pada tanggal 4 – 6 Maret 2022, di SMA Muhammadiyah Purbolinggo. Kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta dari 26 Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah yang ada di Lampung Timur.

Hadir pada acara pembukaan Baitul Arqom tersebut Ketua MPK PWM Lampung H. Ma’ruf Abidin, M.Si., Sekretaris PDM Lampung Timur H. Arif Sakirun, Sekretaris MPK PDM Lampung Timur H. Ahmad Zaini, M.Pd., dan Kepala SMA Muhammadiyah Purbolinggo Dodi Setiawan, M.Pd.

Ada 7 materi yang diberikan pada perkaderan ini, yaitu Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Hakekat Islam, Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah, Gerakan Jamaah dan Dakwah Jamaah, Hierarki dan Tata Aturan Muhammadiyah, serta Tuntunan Ibadah sesuai Tarjih Muhammadiyah.

Selain 7 materi tersebut, dalam pelaksanaan Baitul Arqom ini juga dilaksanakan kegiatan outbond dan ibadah nawafil (sholat malam dan tadarus qur’an).

Ketua Panitia Dodi Setiawan, M.Pd. berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh peserta sehingga dapat mengembangkan di sekolah masing-masing. Sebagai Kepala SMA Muhammadiyah Purbolingggo ia juga sangat berterima kasih dan merasa bangga telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Baitul Arqom.

Dodi menegaskan bahwa Sekolah Muhammadiyah adalah Amal Usaha Milik Muhammadiyah sehingga seluruh fasilitas yang ada di sekolahnya adalah milik Muhammadiyah dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk dakwah Muhammadiyah.

Sementara, Ahmad Zaini, M.Pd. selaku Sekretaris Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengatakan tujuan dari Perkaderan kali ini adalah menguatkan peranan pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah untuk menjadikan Sekolah Muhammadiyah sebagai Sarana Dakwah dan Perkaderan Muhammadiyah sehingga setiap orang yang berada di dalamnya harus menjadi Da’i Muhammadiyah.

Setiap pimpinan, lanjut Bapak Zaini, harus paham tentang Muhammadiyah dan dapat berMuhammadiyah dengan sebenar-benarnya.

Arif Sakirun selaku Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan kepada Majelis Pendidikan Kader untuk segera mengadakan kegiatan Baitul Arqom untuk Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Kepada peserta Arif berpesan untuk terus istiqomah dan semangat dalam membesarkan Amal Usaha Muhammadiyah dan Persyarikatan Muhammadiyah di Lampung Timur sehingga manfaat dakwah dan gerakan Muhammadiyah dapat semakin dirasakan oleh umat.

Di tempat yang sama, Ma’ruf Abidin selaku Ketua MPK PWM Lampung menegaskan bahwa Muhammadiyah terus melaksanakan Perkaderan di setiap jenjang dan daerah. Bahkan di saat yang bersamaan pada tanggal 4 – 6 Maret 2022 ini ada 3 kegiatan Baitul Arqom yang dilaksanakan di Lampung Timur, Bandar Lampung, dan Tanggamus.

Rencananya pada Bulan Ramadhon besok di Lampung Timur juga akan dilaksankan Baitul Arqom untuk Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Hermawan Setiadi sebagai Master of Training dalam Kegiatan Baitul Arqom Amal Usaha Muhammadiyah se-Lampung Timur menjelaskan tema kegiatan ini adalah “Meneguhkan Ideologi Muhammadiyah”. Menurutnya Muhammadiyah yang memiliki 52 Sekolah dan Madrasah di Lampung Timur membutuhkan kader-kader yang militan dan Tangguh.

Amal Usaha Muhammadiyah tersebut harus terus dikembangkan sebagai sarana dakwah dan perkaderan Muhammadiyah. Pengelola Amal Usaha Muhammadiyah harus paham tentang Muhammadiyah, bisa ber-Muhammadiyah dengan baik, dan ikut membesarkan Muhammadiyah.

Hermawan Setiadi, S.Pd.
(Instruktur Perkaderan Muhammadiyah)

Berita Terkait

Direktur BNPT Beberkan Ciri-ciri Penceramah Radikal

Aspirasi Lampung

Helen Mirren’s MUA Reveals Her 9 Best Tips for Wearing Makeup Over 50

Aspirasi Lampung

The Internet’s Going Crazy Over This £3.30 Mascara

Aspirasi Lampung