30 C
Bandar Lampung
16 June, 2021
Sosbud Umum

MenPAN: ASN Boleh Saja Kritik Pemerintah, tapi Ada Etikanya dan Tidak Nyinyir

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin menegaskan bahwa ASN boleh memberikan masukan, tetapi tidak di ruang publik atau di sosmed.

“UU-nya bunyinya begitu. Memberikan masukan, saran yang progresif, oke-oke saja. Tapi bukan di ruang publik,” ujar Syafruddin yang juga mantan wakapolri itu kepada wartawan pada Selasa (15/10), saat menanggapi kasus ASN yang ditangkap akibat unggahan terkait penusukan Menko Polhukam Wiranto.

Fikri, pegawai salah satu kementerian di Jakarta, mendukung bahwa ASN harus paham etika bila ingin mengkritik pemerintah. kritikan yang tidak dikontrol atau bahkan “nyinyir” justru akan merusak. Citra ASN bisa tercoreng apabila kritik dilontarkan di muka khalayak.

“Ada etikanya, jadi kita nggak bisa sembarangan mengkritik, apalagi kan itu nanti hubungannya sama citra kita sebagai ASN di mata masyarakat,” ujar Fikri.

“Akan timbul ketidakpercayaan kan ketika `loh, ini orang pemerintah kok menjatuhkan pemerintah?, ada seperti itu. Cuma kalau kita nggak setuju dengan kebijakan bisa, tapi kan ada lewat forumnya sendiri,” katanya.

Fikri mengaku tidak pernah mengunggah postingan bernada sinis terhadap pemerintah di akun media sosialnya. Kritik terhadap pemerintah – termasuk kementeriannya sendiri – ia salurkan melalui diskusi dengan sesama rekan ASN di kantornya.

“Kalau obrolan antar staf, internal kantor itu pernah, jadi kita ngomong `ini kok sistemnya kayak gini sih, kapan mau berubah?,” ujarnya.

Fikri mengatakan bahwa ia sudah tahu aturan tidak boleh mengkritik pemerintah di ruang publik sejak menjalani pelatihan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun lalu. Ia pun patuh terhadap ketentuan tersebut, meski ragu bahwa kritik yang ia salurkan melalui kanal internal akan ditindaklanjuti.

Sumber: Viva.co.id

Berita Terkait

Perpres 63, 2019 Atur Kewajiban Penggunaan Bahasa Indonesia

AspirasiLampung

Great Giant Foods Lampung Adakan Lomba Jurnalistik & Vlog Berhadiah Rp53.5 Juta

AspirasiLampung

Investor Tertarik Bangun Hotel dan Perumahan di Lampung Utara

AspirasiLampung