24.1 C
Bandar Lampung
28 September, 2021
Pendidikan

Mengapa Mengikuti Kelas Persiapan IELTS atau TOEFL itu Penting

Perlukah ikut kursus atau les IELTS, TOEFL, TOEIC atau PTE sebelum mengambil test resmi? Jawabannya tentu perlu. Alasannya, test bahasa Inggris tersebut butuh bukan sekedar kecakapan bahasa Inggris tetapi pemahaman pada format test dan trik cara mengerjakannya dengan cepat dan tepat.

Test IELTS, TOEFL, TOEIC dan PTE dirancang untuk menguji kemampuan bahasa Inggris meliputi kemampuan membaca, berbicara, mendengar dan menulis. Untuk mampu mengerjakannya, kita perlu melakukan persiapan, seperti mengasah kemampuan writing dan speaking, mengasah trick reading dan listening, juga memperbanyak kosa kata.

Tips Memilih Tempat Kursus
1. Pilihlah Lembaga yang sudah Terpercaya

Lembaga kursus yang memiliki kredibilitas perlu menjadi pertimbangan utama karena lembaga seperti ini memiliki metode pengajaran yang baik dan sistematis. Meski terkadang biaya yang harus kita keluarkan lebih mahal, kita akan diajar oleh tutor yang berpengalaman untuk menjamin kita siap mengikuti test resmi.

Banyak orang harus mengambil test berulang-ulang salah satunya karena mereka belajar di tempat kursus yang tidak jelas. Akibatnya, hanya membuang waktu, tenaga dan uang.

2. Tanyakan Metode Pengajarannya

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat memilih tempat kursus adalah metode pengajarannya. Mengapa ini penting. Metode pengajaran akan menentukan tingkat pemahaman yang baik pada siswa. Test IELTS, TOEFL, TOEIC atau PTE memerlukan pemahaman yang baik pada trick dan strategi. Tutor yang baik dan berpengalaman akan mengajarkan kepada kita trick dan strategi yang jitu bagaimana mengerjakan test.

Dengan kata lain, pintar bahasa Inggris saja tidak cukup; kita harus benar-benar menguasai trick mengerjakan test bila kita ingin mendapatkan hasil yang baik. Metode pengajaran yang diadopsi tempat kursus atau seorang tutor menentukan hal ini.

3. Jangan Tergiur Janji atau Garansi

Test resmi IELTS, TOEFL, TOEIC atau PTE menerapkan SOP yang ketat. Artinya orang yang mengambil test ini benar-benar tidak bisa diganti orang lain atau Joki. Dengan begitu, hasil testnya benar-benar merupakan hasil kerja orang yang bersangkutan. Lalu bagaimana sebuah tempat kursus bisa menjamin dengan pasti bahwa nilai kita pasti tinggi seperti janji atau garansi yang mereka berikan?

Hasil atau score test ditentukan oleh kita sebagai peserta test. Hasil baik atau buruk akan tergantung pada kesiapan kita, pemahaman dan penguasaan kita terhadap format test serta trick dan strategi mengerjakannya, bukan ditentukan oleh tempat kursus.

Rekomendasi Tempat Kursus

Terdapat banyak sekali pilihan tempat kursus, kita bebas menentukan pilihan kita. Tetapi dengan mempertimbangkan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, English Solution Center (ESC) adalah tempat kursus yang recommended. ESC menyediakan kelas-kelas IELTS, TOEFL, TOEIC atau PTE dengan sistem privat atau group.

Metode dan materi belajar di ESC sangat berbeda dari metode yang diterapkan oleh kursus-kursus lain. ESC lebih menekankan pada problem-solving approach daripada tutorial atau lecturing. Dengan metode problem solving, tutor ESC langsung mengajarkan kepada kita trick dan strategi tanpa harus bertele-tele mempelajari teori.

Materi yang digunakan juga tidak berbentuk buku cetakan yang banyak dijual di toko. Team akademik ESC menyusun sendiri materi belajarnya dengan cara mengkompilasi dari berbagai sumber. Lebih dari itu, level of difficulty materi dan practice test juga disesuaikan dengan level of difficulty test resmi. Sehingga, kita akan terbiasa dengan soal-soal yang tingkat kesulitannya sama dengan soal yang ditestkan nanti.

Berita Terkait

Usulan Terbuka dari Penyair Bali untuk Mendikbud Nadiem Makarim

AspirasiLampung

Konsumsi 5 Jenis Makanan ini untuk Mencegah Terinfeksi Corona

AspirasiLampung

Perpres 63, 2019 Atur Kewajiban Penggunaan Bahasa Indonesia

AspirasiLampung