29.2 C
Bandar Lampung
25 September, 2021
Politik Sosbud

Memahami Arti Kemerdekaan Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Tahun ini bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 76 kemerdekaannya. Dapat diartikan bahwa Indonesia telah Merdeka dari penjajahan selama 76 tahun, sejak tanggal 17 Agustus 1945.

Kemerdekaan yang sudah kita rasakan sekian tahun lamanya ini, kita sebagai rakyat Indonesia perlu selalu bersyukur dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai wujud rasa nasionalisme kita terhadap negeri ini.

Menjaga keutuhan NKRI juga dapat diartikan sebagai wujud terima kasih kita kepada pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Para pejuang kemerdekaan telah berjuang hidup dan mati agar bendera Merah Putih dapat berkibar dari Sabang sampai Merauke; di antara mereka adalah tokoh agama, masyarakat, tentara, hingga masyarakat biasa.

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan, yang dibacakan oleh Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, pada 17 Agustus 1945.

Namun perlu kita sadari, proklamasi kemerdekaan itu bukan akhir dari perjuangan kita bagi bangsa ini, melainkan awal; karena masih banyak yang perlu dilakukan agar Indonesia dapat makmur di segala aspek.

Proklamasi dan kemerdekaan yang telah terwujud harus bisa mendorong kita untuk mencapai kehidupan masyarakat yang adil dan makmur sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945.

Lalu, sebenarnya apa saja arti atau makna dari kemerdekaan bagi bangsa Indonesia itu? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bukan Akhir Perjuangan

Perjuangan panjang yang dilakukan para pahlwan bangsa selama kurang lebih 300 tahun untuk memerdekakan bangsa tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mereka rela meninggalkan keluarga dan mempertaruhkan nyawa dalam melawan penjajahan untuk mewujudkan kemerdekaan bagi nusantara.

Namun, yang perlu kita ketahui, khususnya bagi generasi muda, adalah kita tidak dapat duduk santai di rumah tanpa melakukan hal apa pun.

Seperti dalam sejarah, banyak generasi muda yang membantu dalam melawan penjajahan, kita sebagai generasi muda saat ini juga harus terus berjuang demi terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur.

Kita harus menjaga apa yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perlu juga kita renungkan setiap saat, sebenarnya sudah seberapa besar energi yang telah kita berikan bagi bangsa ini.

2. Sebagai Pemersatu Bangsa

Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang telah diusahakan oleh pahlawan kita terdahulu, dapat dijadikan sebagi momen untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, orang-orang yang merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan selalu berteriak ‘Aku Indonesia!’.

Dengan hal itu dapat kita lihat bahwa kemerdekan bangsa ini dapat dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa, yang dapat menyingkirkan perselisihan dan perbedaan untuk kepentingan NKRI.

Dalam segala kepentingan negara, kita harus selalu dapat melupakan perbedaan dan pandangan yang kita miliki sehingga dapat bersama bahu-membahu memajukan bangsa ini.

3. Menumbuhkan Rasa Saling Menghargai dan Menghormati

Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati.

Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Makna dari menghargai dan menghormati juga dapat diartikan sebagai, tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial.

4. Bukti Bangsa Indonesia Memiliki Kekuatan dan Tidak Bisa Dipandang Remeh

Pada masa saat ini, masih banyak masyarakat yang pesimistis dan memandang remeh Indonesia dalam berkompetisi dengan negara lain dalam segala aspek.

Mereka tidak percaya diri bahwa bangsa Indonesia dapat bersaing dalam banyak hal dengan negara lain. Hal itulah yang membuat negara ini terkadang sulit untuk berubah menjadi lebih baik.

Namun yang perlu diketahui, dengan melihat kemerdekaan yang telah kita miliki dan mengusir para penjajah dari negara ini, dapat membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan dan tidak bisa dipandang remeh.

Terlepas dari berbagai masalah yang terjadi pada bangsa ini, kita sebagai masyarakat Indonesia harus selalu optimistis dan terus berjuang untuk memajukan dan mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional.

5. Perjuangan yang Kita Lakukan Akan Lebih Berat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemerdekaan yang telah kita rasakan saat ini bukanlah akhir dari perjuangan yang harus kita lakukan.

Banyak hal yang masih perlu kita perjuangkan dalam menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan cita-cita bangsa yang dapat memberikan kehidupan makmur dan adil bagi setiap warga.

Pada zaman saat ini juga banyak masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bangsa. Hal semacam itu yang harus selalu kita hindari.

Seperti kutipan yang pernah dikatakan oleh Bung Karno “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”.

Artinya kemerdekaan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Pada dasarnya, setiap waktu penerus bangsa harus selalu berjuang demi kemajuan dan kemakmuran Indonesia. (AL/Bola.com/IDNTimes)

Berita Terkait

Jebolan PAN, Faldo Maldini Gabung PSI Sumbar Langsung Jadi Ketua DPW

AspirasiLampung

This Dewy, Natural Makeup Routine Takes Less Than 5 Minutes

AspirasiLampung

Meski Dikenal Romantis, Ustadz Somad Ternyata Ceraikan Istrinya

AspirasiLampung