24.2 C
Bandar Lampung
19 June, 2021
Kesehatan Politik Umum

Live Update Pandemi Covid-19 di Indonesia dan Global

Di Indonesia

0
Positif
0
Meninggal
0
Sembuh

Global

  • Confirmed
    Deaths
    Recovered
Total
0
0
0

Penyakit coronavirus (COVID-19) memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Penyakit ini dapat memiliki gejala yang lebih parah bagi sebagian orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau sesak napas.

Dalam kasus yang lebih langka, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Orang-orang berusia lanjut, dan orang-orang yang memiliki gangguan medis lainnya (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung), lebih rentan untuk mengalami gejala yang parah.

Seiring mewabahnya Covid-19, Kementerian Kesehatan menetapkan protokol kesehatan bagi Anda yang mengalami gejala. Protokol tersebut berlaku di seluruh Indonesia.

Jika Anda merasa tidak sehat dengan gejala demam lebih dari 38 derajat Celcius dan mengalami batuk/ pilek/ nyeri tenggorokan, Anda disarankan untuk beristirahat di rumah. Jangan lupa untuk konsumsi air yang cukup. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per hari.

Jika keluhan berlanjut dan disertai kesulitan bernapas seperti sesak atau napas cepat, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Pada saat berobat ke fasyankes, Anda harus melakukan tindakan berikut:

  • – Gunakan masker.
  • – Apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk dan bersin yang benar dengan cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan atas bagian dalam.
  • – Usahakan tidak menggunakan transportasi massal.

Jika memenuhi kriteria pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan. Namun, jika tak memenuhi kriteria, maka tenaga kesehatan akan merekomendasikan rawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosis dokter.

Berita Terkait

How To Make Your Own Organic Shampoo At Home With 10 Steps

AspirasiLampung

Rycko Menoza Usung Visi “Bandar Lampung Baru” di Pilwakot 2020

AspirasiLampung

Syeikh Ali Jaber, Ulama Kenamaan Asal Madinah, Meninggal Dunia

AspirasiLampung