30 C
Bandar Lampung
16 June, 2021
Kesehatan

Krokot, Tanaman Liar yang Ternyata Sangat Mujarab untuk Obat Sakit Jantung

Krokot bisa jadi tanaman liar yang tumbuh dimana saja, baik diladang, pinggir jalan, sawah, kebun, bahkan dihalaman tempat tinggal. Krokot yang memiliki nama latin Portulaca Oleracea L yang konon berasal dari amerika Latin ternyata gampang ditemukan di Indonesia.

Bagi sebagian petani, krokot dianggap sebagai tanaman gulma yang mengganggu, oleh karenanya krokot kerapkali dicabut dan dibuang.

Tetapi tahukah anda bahwa krokot yang dianggap tanaman liar ini yang disangka sebagai tanaman penganggu memiliki manfaat paling penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Daun krokot memiliki kandungan vitamin a, B komplek serta C, omega 3, tanin, I­noradrenalin, dopa, asam linoleat, KSO4, KCI, nicotinic acid, saponin, dopamin, noradrenalin, dan KNO3.

Karena ada banyak kandungan mineral dan vitamin yang ada pada krokot, jadi tidak heran jika krokot memiliki faedah yang demikian besar untuk menolong menangani masalah kesehatan pada tubuh manusia.

Semua bagian dari tanaman krokot dapat dipakai sebagai obat herbal baik itu daun, batang, bunga, hingga akarnya; baik dalam keadaan masih fresh ataupun telah kering.

Beriku beberapa faedah krokot untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui:

Menangani penyakit maag

Caranya: Siapkan krokot yang masih fresh lantas diuapkan selama 5 menit lalu dihaluskan dan diperas. air perasannya dapat diminum 3 kali dalam 1 hari.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan omega 3 pada daun krokot yang termasuk cukup tinggi dapat mencegah penyakit jantung koroner hingga sroke menyerang tubuh kita.

Selain itu, krokot juga baik untuk dikonsumsi oleh anak­ anak autism untuk membantu pergantian kecerdasan otak si anak.

Langkah mengonsumsinya untuk mengcegah penyakit jantung yaitu semua bagian tanaman krokot dibersihkan kemudian di tumbuk halus, tambahkan air lantas diperas dan disaring.

Untuk lebih fresh bisa ditambah dengan madu dan minum sehari 2 kali.

Menyehatkan mata

Batang serta daun krokot mempunyai kadungan vitamin A yang tinggi dari pada sayuran berdaun hijau yang lain. Vitamin A yakni anti-oksidan yang demikian baik dan alami yang paling utama dalam membantu menyehatkan pandangan kita selain itu vitamin A bisa pula buat perlindungan selaput lendir.

Jadi dengan konsumsi krokot yang dapat juga jadikan sayuran ini dapat membantu agar mata tetaplah sehat.

Selain itu, konsumsi buah serta sayur yang kaya vitamin A di dalamnya sebagai perlindungan tubuh dari penyakit kanker rongga mulut serta paru­paru.

Menangani radang usus

Memiliki masalah pada usus atau radang usus bisa diatasi dengan obat herba dari krokot ini.

Langkah buat ramuannya cukup mudah yakni dengan mengambil semua bagian tanaman krokot yakni batang, akar dan daun lalu ditumbuk hingga halus dan diperas, jangan lupa disaring untuk dapatkan air perasan yang bersih. Nah, air perasan itu ditambah air masak serta minumlah 3 kali sehari.

Manfaat krokot untuk kesehatan tubuh

Manfaat krokot untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat menyembuhkan disentri, diare akut, mengobati cacingan, sesak nafas, dan menangani badan yang nyeri atau pegal­ pegal.

Sebenarnya dalam mengkonsumsi ramuan ini hampir sama yaitu dengan melembutkan dan diperas airnya lalu air perasannya diminum; dan juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran keseharian.

Itulah manfaat krokot untuk kesehatan tubuh yang sangat ajaib, dimaksud ajaib lantaran satu tanaman yang dikira liar, pengganggu ternyata dapat menangani berbagai penyakit dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang demikian baik bagi tubuh kita.

Berita Terkait

Terong Sangat Bagus untuk Sirkulasi Darah, Cegah Diabetes dan Turunkan Kolesterol

AspirasiLampung

Depkeu Mengungkap Penyebab Keuangan BPJS Defisit Berdarah-darah

AspirasiLampung

Jumlah Anak Masuk RSJ Akibat Kecanduan Gadget Meningkat

AspirasiLampung