24.2 C
Bandar Lampung
4 August, 2021
Hukum Perikanan

KPK Awasi Kawasan Selat Sunda, Selat Tersibuk di Asia

Selat Sunda merupakan selat yang tersibuk nomor 1 di ASIA. Diperkirakan ada 4 ribu kapal yang melintasi selat tersebut atau bisa 200 kapal setiap hari melintas disana.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengawasi Zonasi Kawasan Strategis Nasional Selat Sunda.

“Kalau tidak diatur dengan baik maka bisa celaka. Jangan ada tindak korupsi disana”.

Hal tersebut disampaikan  Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah III, Dian Patria usai acara Konsultasi Publik Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ KSN) Selat Sunda yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Perencanaan Ruang Laut – Ditjen Pengelolaan Ruang laut di Ruang Abung Balai Keratun , Rabu 16 Oktober 2019.

Dian Patria juga mengatakan dalam konsultasi publik tersebut pihaknya ingin memastikan RZ KSN tersebut tidak bermasalah. Oleh sebab itu pihaknya melakukan fungsi trigger dan pencegahan agar tidak ada kerugian yang dialami negara.

“Jangan sampai perencanaan zona kawasan strategis nasional ini ada permasalahan,” katanya.

Sementara itu Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan bahwa KKP melakukan konsultasi publik sehubungan dengan kawasan selat sunda yang strategis sesuai dengan rencana tata ruang wilayah nasional. Banyak kepentingan di selat sunda yang harus dijaga.

“Kita melakukan harmonisasi supaya kawasan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ekonomi Lampung dan harmonis dengan kepentingan Nasional,” katanya.

Berita Terkait

Teroris yang Tertangkap di Lampung Siapkan Amaliyah di Beberapa Kota

AspirasiLampung

4 Super Important Rules for Changing Your Makeup Routine

AspirasiLampung

Kepastian Hukum Terhadap Kaum Difabel

AspirasiLampung