29.2 C
Bandar Lampung
25 September, 2021
Umum Wisata

Jokowi Resmikan Terpeka Lampung-Sumsel, Tol Terpanjang di Indonesia

Presiden Jokowi hari ini (15/11/2019) meresmikan jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka).

Jalan tol ini membentang 189 kilometer di dua provinsi Lampung dan Sumatera Selatan.

Dalam peresmian ini dilakukan di Gerbang tol Simpang Pematang, Kilometer 240, Mesuji, Lampung.

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, untuk saat ini Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia, dan merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan.

“Tol sepanjang 189 km adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin,” tutur Jokowi.

Kehadiran Tol Terpeka memiliki arti yang besar antara lain penciptaan titik-titik pertmbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, memberikan fasilitas untuk produksi karet, sawit dan lainnya, serta yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru, sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terpanjang dan tercepat

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya juga berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor Pembangunan Tol Terpanjang.

Menelan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka bukan hanya akan menjadi tol dengan ruas jalan terpanjang, melainkan juga akan menjadi tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Ruas tol yang dinilai dapat meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan provinsi Sumatera Selatan ini terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

Bintang Perbowo mengatakan, dengan diresmikannya Tol Terpeka ini, tentu akan membawa dampak positif terutama terhadap mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera serta memperlancar alur distribusi melalui waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau.

“Setelah diresmikan, maka jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” terang Bintang.

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung melengkapi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu.

Sumber: Kompas.com

Berita Terkait

1.6 Juta PNS tidak Cakap Kerja, Pemerintah akan Rekrut yang Profesional

AspirasiLampung

Atas Saran BPK, Bupati Lampung Timur Stop Salurkan Dana Hibah

AspirasiLampung

Digelar Pada 9-10 November 2019, Festival Way Kambas Mentargetkan Kunjungan 700 Ribu Wisatawan

AspirasiLampung