Birokrasi Ekonomi

Gubernur Lampung Arinal Serahkan BLT Minyak Goreng Kepada 687.090 KPM

687.090 keluarga penerima manfaat (KPM) di Lampung akan menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng. Bantuan ini akan disalurkan secara simbolis 12 April 2022, di Kantor Pos Pahoman oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Untuk mekanisme penyaluran sama seperti penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang saat ini sudah berubah menjadi uang tunai, melalui pembayaran di loket kantor pos,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, Senin, 11 April 2022.

Selain itu, penyaluran di daerah yang akses kantor posnya jauh akan mendapati fasilitas seperti penyaluran BLT di gerai komunitas yang telah disepakati misalnya balai desa atau bisa juga diantar langsung oleh armada kantor pos.

“Ini biasanya untuk masyarakat yang tidak bisa mengambil karena ada kendala, atau bisa juga bantuan ini diberikan di balai desa karena akses masyarakat yang sulit ke kantor pos,” kata dia.

Adapun ia mengatakan penyaluran akan diberikan sebesar Rp300 ribu meliputi tiga bulan bantuan di April, Mei, dan Juni. “Karena surat dari kantor pos baru diterima hari ini, sehingga launching penyerahannya mulai besok, InsyaAallah Pak Gubernur yang menyerahkan langsung secara simbolis,” jelas dia.

Selain bantuan program BLT minyak goreng ini, ia menerangkan sesuai arahan dari pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial mengatakan bahwa pendistribusian berbarengan dengan satu bulan bantuan BPNT.

“Untuk bantuan BPNT ini akan diberikan bersamaan dengan BLT minyak goreng, Adapun besaran bantuan BPNT senilai Rp200 ribu yakni untuk bantuan di bulan Mei 2022. Sehingga total bantuan yang diserahkan masyarakat sebesar Rp500 ribu,” jelas dia.

Semantara itu, untuk bantuan BPNT di bulan April dan Juni diserahkan ke KPM melalui bank himbara. “Kalau ini putusan dari pemerintah pusat, jadi memang secara struktur yang besok disalurkam hanya BLT minyak goreng bulan April-Juni dan BPNT bulan Mei,” kata dia.

Ia mengatakan, untuk penerima keseluruhan bantuan ini dibagi menjadi tiga wilayah kantor pos cabang utama di provinsi Lampung. “Ini secara teknis saja, masyarakat bisa mengambil bantuan ke kantor pos terdekat, biasanya akan di infokan oleh RT dan lurah setempat,” jelas dia.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan Gubernur Lampung agar dapat secara tersalurkan dengan cepat. Sehingga bantuan ini bisa langsung diterima oleh masyarakat yang memang membutuhkan khususnya guna menangani persoalan minyak goreng.

“Arahan Gubernur Lampung dalam eangka membantu masyarakat, beliau mengharapkan agar kantor pos segera bisa mendistribusikan sehingga KPM bisa langsung menerima bantuan tersebut,” tegas dia.

Terpisah, salah satu KPM di kelurahan Sepangjaya, Rodita (40) mengatakan jika informasi mengenai bantuan BLT minyak goreng memberikan angin segar bagi dirinya, sebab sudah cukup lama dirinya kesulitan membeli minyak goreng karena harga yang mahal.

“Senang sekali, karena pas subsidi susah carinya, sekarang sudah ada tapi harga nya mahal. Tapi kalau ada bantuan, InsyaAllah Ramadan ini mau stok minyak jadi gak kesulitan lagi,” kata Rodita yang bekerja sebagai buruh cuci ini. (al/lampost)

Berita Terkait

Here Are 8 Editors-Approved IGK Hair Products You Need to Try

Aspirasi Lampung

Ulta Beauty is Having the Ultimate Hair Care Sale

Aspirasi Lampung

Souvenir Khas Lampung Jadi Salah Satu Pilihan di Mandalika

Aspirasi Lampung