24.1 C
Bandar Lampung
28 September, 2021
Agama Politik

Fahrul Razi, Menteri Agama di Era Reformasi dari Kalangan Militer

Tidak ada yang menyangka sebelumnya kementerian yang membidangi keagamaan di Indonesia dipimpin oleh kalangan militer di era Reformasi yaitu Fahrul Razi, setelah sebelumnya banyak dipimpin dari kalangan sipil baik itu tokoh publik, partai politik dan profesional.

Jokowi meminta Fachrul untuk mengurusi berbagai urusan keagamaan.

Di bawah Kemenag terdapat sejumlah layanan masyarakat seperti soal pendidikan Islam, haji dan umrah, bina masyarakat agama-agama resmi, kerukunan umat beragama, sertifikasi halal dan hal terkait lainnya.

Beberapa posisi strategis di militer sempat diemban oleh Fachrul. Dia pernah menjadi Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad, Wakil Asisten Operasi KSAD, Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana dan Gubernur Akademi Militer (1996-1997).

Tidak hanya itu, Fachrul juga sempat menjabat sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Umum ABRI (1997-1998), Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999), Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999) serta Wakil Panglima TNI (1999-2000).

Fachrul juga salah satu pejabat TNI yang ikut menetapkan Surat Dewan Kehormatan Perwira (DKP) tertanggal 21 Agustus 1998 bersama Jenderal Subagyo HS dan Sekretaris Letjen Djamari Chaniago untuk memberhentikan Prabowo Subianto dari militer karena kasus 1998. Sebagai anggota DK antara lain ada Letnan Jenderal Susilo Bambang Yudhoyono, Letjen Yusuf Kartanegara, Letjen Agum Gumelar dan Letjen Ari J Kumaat.

Menag terpilih ini juga sempat menorehkan sepak terjangnya di dunia politik sebagai Ketua Tim Bravo 5. Tim tersebut adalah relawan Jokowi-Ma’ruf yang terdiri dari para purnawirawan TNI yang sebagian besar merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1970-an.

Tim tersebut dibentuk pada 2013 untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla di Pemilu 2014. Aksi relawan Tim Bravo 5 nampaknya berlanjut hingga kampanye untuk memenangkan Jokowi di kontestasi Pilpres 2019-2024 yang menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagai wakilnya.

Fachrul sangat ditunggu kinerja dan terobosannya oleh Presiden dan masyarakat Indonesia sebagai orang nomor satu di Kementrian Agama dari kalangan militer di era reformasi.

Berita Terkait

Bawaslu Lampung Kecewa, Kandidat Tidak Menguasai Materi Visi Misi

AspirasiLampung

Tindaklanjuti Putusan Bawaslu, KPU Bandar Lampung Batalkan Paslon Eva-Dedy

AspirasiLampung

Bambang Suryadi, Anggota DPR Asal Lamteng, Meninggal Dunia

AspirasiLampung