31.3 C
Bandar Lampung
8 May, 2021
Pendidikan

DLHPP Lampung Timur Beri Penghargaan Adiwiyata Kepada Tiga Sekolah

Dinas Lingkungan Hidup, Permukiman dan Pertanahan (DLHPP) Lampung Timur (Lamtim) kembali memberikan penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten.  Adiwiyata merupakan penghargaan bagi sekolah atas kepeduliannya terhadap lingkungan hidup.

Kabid Tata Lingkungan Noviansyah Adzany Akbar mewakili Kepala DLHPP Lamtim David Ariswandi mengatakan, tahun ini ada tiga sekolah yang  akan mendapatkan penghargaan Adiwiyata.

Masing-masing sekolah tersebut adalah MTsN 1 Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari,  SDN 2 Banarjoyo, Kecamatan Batanghari   serta MIN 1 Desa Adirejo  Kecamatan Pekalongan. “Rencananya penghargaan Adiwiyata akan diserahkan  langsung oleh bupati.  Namun, jadwalnya belum pasti, karena masih menunggu SK penetapan,”jelasnya.

Dilanjutkan, dalam penilaian adiwiyata tersebut pihaknya melibatkan beberapa unsur. Antara lain, Kemenag  Disdikbud, Bappeda dan DLHPP Lamtim. “Penilaian  telah dilaksanakan pada 11 dan 13 September 2019 lalu,”lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penilaian dilaksanakan melalui tiga tahap, yakni sosialisasi mengenai pemahanan tentang Adiwiyata,  pembinaan serta pendampingan dan persiapan evaluasi. ” Tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,”terangnya.

Selain itu melalui adiwiyata, sekolah juga mendapatkan beberapa keuntungan. Antara lain, meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi, serta yang paling nyata dapat menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, dapat menciptakan kondisi sekolah yang baik untuk kegiatan belajar mengajar dan penyadaran bagi warga sekolah sehingga turut bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan, ”pungkasnya.

Sumber: RadarLampung

Berita Terkait

Drs. Wanawir, Rektor UMPRI: Muhammadiyah Siap Membangun Lampung

AspirasiLampung

Korban Banjir Jakarta Bisa Gugat Gubernurnya Secara Class Action

AspirasiLampung

This Autumn Juice Will Make You Feel Better

AspirasiLampung