24.2 C
Bandar Lampung
19 June, 2021
Hukum Kriminalitas

Densus 88 Ringkus Teroris JI dan JAD di Batam, Padang dan Lampung

Densus 88 Antiteror Mabes Polri meringkus enam terduga teroris di tiga wilayah, yakni Padang, Lampung, Batam. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, penindakan ini dilakukan pada 6 hingga 7 November 2020.

“Penangkapan pertama dilakukan di Lampung. Kita menangkap empat pelaku teroris di sana,” kata Awi dalam keterangannya, Minggu (8/11).

Salah satu dari empat teroris itu diketahui berinisial SA. Dia masuk dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yang satu jaringan dengan kelompok teroris di Banten. Lalu ada S yang menjadi bendahara di kelompok teroris JI wilayah Lampung. Selanjutnya ada I, dia berperan sebagai pendonor dana ke jaringan JI. Dan keempat, RK yang juga anggota dari JI.

Setelah dilakukan penangkapan di Lampung, selanjutnya Densus 88 menangkap AD alias S Parewa alias Abu Singgalang di kawasan Sumatera Barat. AD masuk dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sumbar.

Terakhir, penangkapan dilakukan di Batam, Kepulauan Riau. Di sana Densus 88 menangkap MA alias Abu Al Fatih.

“Untuk MA ini dia sama dengan yang di Sumbar yakni jaringan JAD,” sebut Awi.

Sejumlah barang bukti juga sudah disita aparat dalam penangkapan ini. Sebagai tindak lanjut, kini keenam teroris itu dibawa penyidik Densus 88 guna pemeriksaan mendalam.

“Hasil penangkapan ini masih dikembangkan tim densus, sekarang sedang pemeriksaan,” jelas mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini. (AL/jpnn)

Berita Terkait

Kepastian Hukum Terhadap Kaum Difabel

AspirasiLampung

Lagi-lagi Penipuan di Balik Perumahan Syariah, Ribuan Orang jadi Korban

AspirasiLampung

Aga, Mahasiswa UNILA yang Tewas Saat Diksar, Diduga Dikeroyok Panitia

AspirasiLampung