Agama Wisata

Bakrie Group Bangun Masjid di Taman Gajah Bandar Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung akan segera membangun Masjid Agung Al-Bakrie yang berlokasi di Elephant Park (Taman Gajah). Rencana pembangunan masjid agung Al-Bakrie tersebut digagas sejak 2019.

Masjid yang dibangun melalui bantuan dari Bakrie Group tersebut ditarget dapat menampung ribuan jemaah dan menjadi Masjid Agung Provinsi Lampung.

“Saat ini Pemprov Lampung tengah memproses pembangunan masjid tersebut. Terutama dalam proses mentransfer sarana prasarana olah raga yang sebelumnya menempati lokasi masjid ini,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Jumat, 4 Maret 2022.

Ia mengatakan jika masjid tersebut merupakan bantuan dari salah satu putra Lampung, Aburizal Bakrie.

“Akan dibangun masjid yang indah dan representatif. Dan lahan yang dibangun sepanjang taman gajah hingga gor saburai,” jelasnya.

Sehingga ia mengatakan, hal tersebut yang menyebabkan pembangunan Gelanggan Olahraga (GOR) Saburai tidak di lanjutkan. “Jadi nanti untuk GOR Saburai akan dipindahkan ke temat lain,” kata dia.

Adapun mengenai transfer sarana prasarana olahraga ke penggunaan lain sudah di proses ke Kementrian Olahraga.

“Kami kan sudah rencanakan ini sejak 2019, jadi memang sudah dijukan ke Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” kata dia.

Ia mengatakan jika proses pembangunan masjid tersebut murni bukan dari APBD Provinsi Lampung melainkan dari Bakrie Group sehingga masih menunggu proses.

“Nantinya Pemprov Lampung tinggal terima barang saja. Tapi untum design sudah dibahas intensif oleh Gubernur. Masjid itu targetnya bisa menampung ribuan jemaah. Juga sekaligus nantinya bisa digunakan untuk syiar islam,” papar dia.

Sementara itu, target dari untuk pemindahan GOR Saburai bersamaan dengan pembangunan Sports Center di kawasan Institut Teknologi Sumatera (Itera).

“GOR di Itera juga berproses. Jadi pembangunan masjid bukan mangkrak, namun karena terprogram. Seteah selesai koordinasi pasti dibangun,” tutup dia. (al/lp)

Berita Terkait

Densus 88 Kembali Ringkus Empat Terduga Jaringan Teroris di Lampung

Aspirasi Lampung

Souvenir Khas Lampung Jadi Salah Satu Pilihan di Mandalika

Aspirasi Lampung

Direktur BNPT Beberkan Ciri-ciri Penceramah Radikal

Aspirasi Lampung