29.2 C
Bandar Lampung
25 September, 2021
Agama Hukum Sosbud

Al Azhar dan Kementrian Agama Mesir Ternyata sudah Lama Melarang Cadar

Terkait kembali merebaknya masalah cadar di Indonesia, yang dipicu oleh pernyataan Menteri Agama Fahrul Razi, ternyata di Mesir, pimpinan Universitas Al-Azhar, Mesir, Muhammad Sayed Tantawi, sudah sejak lama melarang penggunaan penutup wajah (cadar) di sekolah Al-Azhar.

Para murid diperintahkan untuk melepas cadarnya selama mereka berada di sekolah.

Petugas keamanan kampus juga membenarkan pihaknya telah meminta para siswa untuk melepas cadar itu ketika memasuki area Al-Azhar, termasuk beberapa asrama di lingkungan Universitas Cairo.

Pelarangan ini bermula ketika salah seorang siswi Tantawi yang berusia 12 tahun mengenakan cadar di kelasnya. Tantawi yang juga merupakan ulama terbesar di Mesir ini meminta sang siswi untuk melepasnya karena menganggap cadar adalah sebuah tradisi dan tidak ada hubungannya dengan Islam.

Cadar, menurut ulama yang pernah memimpin salat jenazah bagi pemimpin Palestina Yasser Arafat itu, merupakan tradisi dari masyarakat Arab sebelum Islam berkembang.

Sebelumnya, Kementerian Agama Mesir juga pernah mengeluarkan larangan bagi wanita muslim yang memberikan khutbah di masjid mengenakan cadar.

Perawat juga dilarang menggunakan cadar sejak 2008 lalu. Demikian juga di area pengadilan. Akan tetapi pelarangan ini tidak seluruhnya dilaksanakan.

Sementara pihak yang kontra dengan Tantawi menganggap pelarangan ini merupakan tindak yang akan merugikan kebebasan bagi wanita muslim.

Siswi bercadar Universitas Cairo mengancam akan menuntut ke menteri pendidikan tinggi dan akan menggelar aksi protes di kampus, demikian dilansir MEMRI.

Sumber: Detik.com

Berita Terkait

1.6 Juta PNS tidak Cakap Kerja, Pemerintah akan Rekrut yang Profesional

AspirasiLampung

Hikmah Maulid: Yuk Mengadopsi Gaya Hidup Sehat Nabi Muhammad

AspirasiLampung

Peran SLB-A Dalam Melakukan Rehabilitasi dan Aksesibilitas Terhadap Penyandang Disabilitas

AspirasiLampung